RSS

Penyebab Perut Buncit dan Cara Menghindarinya

01 Okt

Perut buncit selain menganggu penampilan ternyata sangat rentan akan penyakit. Perut buncit dapat meningkatkan resiko terjadinya penyakitpenyumbatan pembuluh darah dan Kardiovaskular, serta berpotensi terjadinya sindrom metabolic seperti kencing manis, darah tinggi dan kolesterol. Karena itu disarankan agar lingkar perut tidak melebihi batas yang ditetapkan oleh WHO yaitu di bawah 90 cm untuk pria dan di bawah 80 cm untuk wanita.

Penyebab perut buncit dapat bermacam-macam, diantaranya adalah :

1. Faktor Gen

Kebanyakan pria cenderung menyimpan lemak di perut bagian atas dan panggul, sehingga pria berpotensial untuk memiliki perut buncit. Sedangkan wanita sebelum menopause cenderung menyimpan lemak di perut bawah, sisi paha, panggul dan pantat. Dan setelah menopause, lemak cenderung tersimpan di perut.

2. Faktor Hormon

Apabila kita kurang tidur karena stress, dapat meningkatkan produksi hormone kortisol dalam otak dan hal ini dapat meningkatkan penumpukan lemak pada perut.

3. Faktor Usia

Dengan bertambahnya usia maka aktifitas akan berkurang. Hal ini dapat menyebabkan penambahan berat badan dan lingkar perut apalagi jika tidak di imbangi dengan mengurangi asupan kalori.

4. Faktor Alkohol

Faktanya mengkonsumsi alcohol terlalu banyak dapat menyebabkan tubuh kurang efisien dalam membakar lemak.

5. Faktor Pola Makan yang Buruk

Kalori yang dapat menebabkan lemak menumpuk tersimpan dalam banyak makanan yang rendah serat maupun tinggi lemak jenuh. Makanan-makanan tersebut antara lain adalah olahan daging, beberapa makanan ringan, kue, daging mentah dll.

Bukan hanya orang-orang berbadan gemuk saja yang dapat berperut buncit tetapi ada juga orang yang bertubuh kurus tetapi perut mereka buncit. Ini di karenakan konsumsi makanan yang buruk. Berikut tips supaya perut tidak buncit :

* Hindari makan garam yang berlebihan.

Garam membuat tubuh mengikat banyak air sehingga apabila garam banyak di konsumsi akan membuat perasaan lesu, penampilan bengkak, di tambah berat badan naik akibat resapan air di tubuh yang banyak.

* Batasi makanan yang mengandung karbohidrat.

Di dalam tubuh karbohidrat di ubah menjadi glikogen yang mengikat air sekitar 3 gram air sehingga apabila mengkonsumsi karbihidrat harus di imbangi dengan olahraga.

* Hindari makan gorengan secara berlebihan.

Makanan yang di goreng adalah sumber makanan yang kaya akan lemak.

* Jangan konsumsi minuman berkarbonat.

Saat mengkonsumsi minuman berkarbonat, gelembung-gelembung dalam minuman tidak ikut tercerna di lambung, melainkan akan terus tersimpan di dalam perut sehingga menimbulkan perut menjadi buncit.

 
3 Komentar

Ditulis oleh pada 1 Oktober 2011 in Health

 

3 responses to “Penyebab Perut Buncit dan Cara Menghindarinya

  1. Gilang Kotaro

    3 November 2011 at 19:42

    Bagus mba atau mas, makasih ya,, kebetulan sya juga sdang nyari solusinya, soalnya sy ngrasa jarang makan ko tetep gemuk

     
  2. Nenxiyanx

    12 Maret 2012 at 21:05

    Bagaimana dengan perut buncit,tapi buncitnya d bwah pusar. . .Trz bgaimana mengatasi’y ñ ap pnybb’y?

     
  3. ?

    5 Mei 2012 at 07:28

    Apa penyebabnya perut samping pusar tebel dagingnya.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: