RSS

Dampak Buruk MSG

02 Sep

MSG (Monosodium Glutamate) ditemukan pada tahun 1908 oleh ilmuwan jepang yang bernama Dr. Kikanae Ikeda. Beliau berhasil menemukan zat yang dapat menyedapkan rasa dari rumput laut. Dan pada masa itu, rumput laut adalah bumbu yang kerap digunakan masyarakat jepang untuk memasak.

Pada bulan april 1968, Robert Ho Mon Kwok menulis surat kepada New England Journal of Medicine yang berisi keluhannya setelah menyantap chinese food,  sekitar 15-20 menit ia merasakan bagian belakang lehernya berasa kebas dan perlahan-lahan menjalar ke punggung dan kedua tangannya. Ia juga merasa lemas dan jantung berdebar kencang, dari surat inilah di kenal istilah Chinese Restaurant Syndrome yang digunakan untuk menyebut gejala yang ditemui setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak MSG.

Dampak buruk lain yang dapat ditimbulkan dari mengkonsumsi makanan yang mengandung MSG diantaranya adalah :

  1. Orang yang sering mengkonsumsi MSG lebih rentan mengalami obesitas dibandingkan dengan orang yang jarang mengkonsumsi MSG.
  2. Terkena Alzheimer yaitu merupakan sejenis sindrom dengan perkembangan (apoptosis) sel-sel otak pda saat yang hampir bersamaan, sehingga otak tampak mengerut dan mengecil.
  3. Migren
  4. Gangguan tidur
  5. Kanker. DNA yang secara konstan di bombardier dengan radikal bebas, lama-kelamaan bisa memicu aktifnya sel kanker, terutama kalau kita mempunyai riwayat kanker. Apabila sel kanker sudah aktif, maka penyakit kanker tidak bisa dihindari lagi.
  6. Kebutaan. MSG dapat menghancurkan reseptor pada sel-sel di retina dan menurunkan kemampuan syaraf untuk menerjemahkan sinyal yang diberikan.
  7. Jika kita terlalu sering mengkonsumsi makanan dengan MSG maka akan membuat indera perasa kita menjadi kebal, sehingga membuat kita merasa ketagihan untuk mengkonsumsinya.

Kita tahu MSG berfungsi untuk menyedapkan rasa pada makanan dan sudah tentu makanan yang diberi MSG memiliki rasa yang ekstra sedap. Junk food adalah contoh makanan yang kandungan MSG nya banyak.

MSG juga banyak ditemukan pada makanan instant yang kita beli. Apabila kita ingin membeli makanan instant lihat juga zat-zat yang terkandung di dalamnya,  seperti contoh zat-zat dibawah ini jika zat-zat tersebut terdapat pada makanan instant yang anda beli maka  bisa dipastikan makanan tersebut mengandung MSG juga. Berikut contohnya : Glutamate (vetsin), Glutamic Acid (asam glutamate), Calcium caseinate, Sodium caseinate, Yeast nutrient, Hydrolyzed protein (protein apapun yang dihidrolistis), Gelatin.

Perlu diperhatikan juga untuk makanan instant yang berlabel “ bebas MSG” eit … jangan senang dulu, lihat kandungan garam yang tercantum didaftar nutrisi makanan instant tersebut, apakah dalam kadar garamnya tinggi atau tidak. Jika kandungan kadar garamnya tinggi itu dama artinya dengan kita mengkonsumsi MSG.

Kalau kita terpaksa harus mengkonsumsi makanan yang menggandung MSG tapi lebih baik di hindari, sebaiknya konsumsi terlebih dahulu sayur-sayuran atau buah-buahan (beserta kulitnya) karena sayur dan buah mengandung serat yang dapat mengganggu proses penyerapan bahan makanan seperti MSG sehingga MSG yang kita konsumsi bisa diminimalkan penyerapannya oleh tubuh.

Selama ini kita hanya tahu MSG adalah zat yang sangat berbahaya untuk tubuh kita apabila di konsumsi secara berlebihan, dan berikut adalah seputar MSG yang selama ini belum kita ketahui :

  1. ± 30 sampai 40 % manusia mengalami efek buruk setelah mengkonsumsi MSG.
  2. Glutamat natural juga terdapat pada sayur-sayuran dan glutamate natural ini juga bermanfaat untuk tubuh dengan jumlah yang sedikit tentunya. Fungsi glutamate natural adalah sebagai neurotransmitter yaitu zat kimia yang digunakan untuk melancarkan komunikasi diantara sel-sel otak. Tetapi MSG buatan manusia mempunyai glutamate yang jauh lebih tinggi disbanding dengan yang ada di sayuran.
  3. MSG yang terdapat dalam makanan jumlahnya terus meningkat dua kali lipat setiap sepuluh tahun sejak tahun 1945.
  4. Aspartame dan L-cysteine merupakan 2 zat yang dapat menyebabkan kerusakan seperti MSG, tetapi Aspartame akan berbahaya apabila dicampur air panas dengan suhu 60° C.
 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 2 September 2011 in Health

 

One response to “Dampak Buruk MSG

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: