RSS

Santan untuk Makanan Ciri Khas Lebaran

28 Agu

Tidak berapa lama lagi, lebaran tiba. Saat-saat untuk bersilahturahmi dan memohon maaf kepada sesama. Sudah menjadi tradisi, apabila lebaran identik dengan baju baru, kue lebaran, ketupat, opor ayam dan rendang.

Otomatis daging dan ayam kampong menjadi banyak yang mencari. Bukan hanya daging dan ayam saja yang banyak di cari, tetapi bumbu-bumbu pendukungnya juga banyak di cari, salah satunya adalah santan.

Santan adalah sari dari daging kelapa yang diparut kemudian dip eras dan di ambil airnya. Apabila dahulu para ibu membuat santan dengan memarut daging kelapa, lain halnya dengan sekarang yang teknologinya sudah berkemban, para ibu tidak lagi harus memarut karena sudah banyak terdapat santan-santan instant.

Semakin praktisnya mendapatkan santan tidak menjamin juga kalau santan-santan tersebut dapat memenuhi selera yang kita inginkan dari masakan yang kita masak. Karena itu ada baiknya kenali dahulu macam-macam jenis santan :

1.  Santan Murni

Santan murni terbuat dari daging buah kelapa asli yang sudah tua. Santan murni ini tidak tahan lama, karena itu sebaiknya santan ini langsung di gunakan. Untuk mendapatkan santan murni yang bagus berikut tips yang dapat digunakan :

  • Gunakan kelapa yang sudah tua. Semakin tua kelapa, maka semakin banyak  dan kental santan yang di hasilkan.
  • Kerok kulit ari kelapa untuk mendapatkan santan yang putih bersih.
  • Peras kelapa dengan di tambahkan ai panas, diamkan selama 5 menit kemudian remas-remas dan peras parutan kelapa tersebut.
  • Dikarenakan santan murni ini tidak tahan lama, maka setelah dip eras sebaikna langsung di rebus dengan sedikit garam, sambil terus si aduk perlahan dengan api sedang, agar santan tidak pecah.
  • Untuk membuat banyak stok santan, rebus santan dengan garam secukupnya kemudian dinginkan sampai benar-benar dingin. Lalu tuangkan santan ke dalam plastic dan simpan dalam freezer. Apabila ingin digunakan, keluarkan santan dan diamkan hingga mencair. Santan ini akan bertahan hingga satu bulan.

2.  Santan Instan

Santan instant mempunyai tekstur yang sangat kental dari santan murni, karena itu penggunaannya harus menggunakan air. Santan ini sangat cocok digunakan untuk membuat kue atau hidangan penutup tetapi santan ini kurang sedap apabila digunakan untuk masakan karena santan ini tidak dapat mengental jika di masak dan tidak mengeluarkan minyak.

3.  Santan Bubuk

Santan bubuk termasuk santan instant dalam bentuk bubuk. Terbuat dari kelapa dan tepung kanji yang melalui proses pengeringan. Untuk mebuatnya seduh 50 gr bubuk santan dengan air panas sebanyak 150 ml.

Nah, sekarangan tentukan santan mana yang akan digunakan untuk menghasilkan masakan khas lebaran yang sedap disaat lebaran nanti.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 28 Agustus 2011 in Tips

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: