RSS

Tomat dan Keistimewaannya

21 Mei

Berawal dari cerita saudaraku. Saudaraku adalah seorang wanita tetapi dilehernya terdapat benjolan seperti jakun pada pria, entah sejak kapan saudaraku seperti itu. Pernah dia memeriksakan diri ke dokter dan dokter menganjurkan benjolan itu di operasi tetapi karena saudaraku itu takut, dia tidak menjalaninya.

Setelah sekian lama aku tidak bertemu dengannya, akhirnya kami bertemu kembali dan aku melihat perubahan pada lehernya, benjolannya hilang. Aku penasaran dan aku tanyakan kepadanya bagaimana benjolannya dapat hilang dan tidak ada bekas operasi di lehernya. Dia pun bercerita kalau dia rajin untuk mengkonsumsi tomat, sehari dia dapat menghabiskan kira-kira 3-5 buah tomat dan benjolan itu makin lama makin mengecil kemudian hilang.

Bukan hanya saudaraku yang satu ini saja yang sudah mencoba khasiat dari buah tomat ini. Saudaraku yang lain terdapat benjolan dikepala dan payudaranya, walaupun belum dibilang tumor oleh dokter hanya benjolan biasa tapi bisa saja benjolan itu berkembang dan dapat berbahaya. Akhirnya dia pun mengkonsumsi tomat dan akhirnya benjolan tersebut hilang.

Ternyata tomat (licopersium esculentum) dapat menurunkan resiko terkena kanker terutama kanker prostate, lambung, tenggorokan dan usus besar di karenakan tomat mempunyai kandungan asam klorogenat dan asam p-kumarat yang mampu melemahkan zat nitrosamine penyebab kanker.

Tomat yang merupakan tumbuhan asli amerika tengah dan selatan ini juga mempunyai sifat antiperik yaitu sebagai penurun demam. Selain itu tomat mempunyai kandungan serat yang tinggi sehingga dapat mengobati gangguan pencernaan seperti wasir dan sembelit. Tomat juga dapat memulihkan fungsi lever dan serangan empedu.

Tomat juga digunakan untuk kecantikan, sebagai masker dan pil anti penuaan. Tingginya kandungan likopen sangat efektif sebagai anti oksidan selain menghasilkan warna merah pada tomat. Tomat juga mengandung tomatin yang bersifat sebagai anti inflamasi berfungsi sebagai penyembuh luka dan jerawat.

Karena khasiatnya yang sangat banyak, akhirnya adikku mulai mengkonsumsi tomat dengan di jus dan sebelum di jus, adikku merebus tomat nya dulu. Dia bilang tomat lebih baik apabila di masak terlebih dahulu karena kandungan likopennya akan semakin banyak 10 kali lipat. Dan menurut informasi yang aku dapat, adikku itu benar tomat akan lebih baik apabila dimasak terlebih dahulu. Alasan lain kenapa tomat harus di masak terlebih dahulu adalah likopen merupakan bagian dari karotenoid yang larut dalam lemak tapi likopen yang larut dalam lemak justru sulit diserap oleh tubuh.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 21 Mei 2011 in Others

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: