RSS

Terjadinya Tsunami

21 Mei

Kata tsunami menjadi popular di telinga kita akibat gempa bumi di Aceh yang menyebabkan tsunami dan kerusakan yang sangat besar serta tak sedikit jumlah korban jiwa yang disebabkannnya.

Pada tanggal 11 maret 2011 lalu, tsunami terjadi lagi di jepang sama dengan di Aceh, tsunami ini pun menyapu apapun yang ada di hadapannya. Wlaupun kesiapan jepang akan bencana ini sudah matang tapi tak cukup untuk menahan dasyatnya tsunami yang terjadi. Menurut pemerintahan jepang, gempa dan tsunami yang terjadi saat ini adalah yang terparah melanda negara mereka.

Tsunami berasal dari bahasa jepang yaitu dari kata tsu yang berarti ‘pelabuhan’ dan nami yang berarti ‘gelombang’ sehingga tsunami dapat diartikan dengan ombak besar di pelabuhan. Tsunami ini sering menimpa jepang dan sejarah jepang mencatat 196 tsunami telah terjadi.

Tsunami terjadi karena adanya perpindahan badan air yang disebabkan oleh perubahan permukaan laut secara tiba-tiba. Perubahan ini dapat di akibatkan oleh letusan gunung api bawah laut atau yang terdapat di laut seperti : gunung krakatau, gempa bumi, longsor pada bawah laut dan hantaman meteor. Tapi 90% tsunami disebabkan oleh gempa bumi di laut.

Kecepatan tsunami tergantung pada kedalaman laut tersebut. Di laut dalam, tsunami dapat mencapai kecepatan 500-1000 km/jam dan apabila tsunami mencapai pantai, kecepatannya akan berkurang menjadi kurang lebih 50 km/jam. Tinggi tsunami sendiri hanya beberapa cm hingga beberapa meter, tapi apabila tsunami ini mencapai daratan gelombangnya dapat mencapai puluhan meter, ini disebabkan oleh penumpukan massa air pada bibir pantai. Dan gelombang tsunami ini dapat merayap masuk ke daratan hingga beberapa kilometer jauhnya.

Gempa yang dapat menyebabkan tsunami adalah gempa bumi yang berada pada tengah laut dan dangkal dengan kedalaman 0-30 km dan kekuatan gempa sekurang-kurangnya 6.5 skala richter serta gempa ini berpola sesar naik atau sesar turun.

Hal yang biasa terjadi pada saat tsunami adalah setelah terjadinya gempa bumi apabila air laut menjadi surut lebih baik kita menyelematkan diri kedataran yang lebih tinggi, Karena itu merupakan salah satu tanda akan terjadi tsunami.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 21 Mei 2011 in Knowledge

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: