RSS

DIET DENGAN SERAT

21 Mei

Banyak wanita ingin mempunyai bentuk tubuh yang bagus dan langsing bak pragawati yang berlenggak lenggok di catwalk. Dan merekapun berusaha mati-matian untuk mendapatkannya. Ada yang sedot lemak, olahraga yang dapat menguruskan badan dan ada pula yang diet.
Pengalaman dari salah satu temanku yang ingin sekali badannya kurus walaupun yang aku lihat sebenarnya badannya ngga gemuk-gemuk banget. Saat itu temanku ini benar-benar diet yang sangat keras dari yang mengurangi makan, mengkonsumsi obat langsing sampai meminum obat pencahar yang mengakibatkan temanku ini jadi sakit. Itulah salah satu efek dari diet yang salah.
Sebenarnya apabila kita rajin berolahraga dan diet dengan sehat, maka kita sudah mendapatkan sesuatu yang kita inginkan. Salah satu diet yang sehat yaitu dengan memanfaatkan makanan yang mengandung serat.

Serat adalah salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Serat dibagi menjadi 2 jenis yaitu :

1.      Serat tidak larut dalam air (insoluble fiber)
Serat ini banyak terdapat pada biji-bijian, sayuran berdaun seperti kubis, umbi-umbian seperti wortel, bekatul, whole wheat (termasuk kulit ari yang menutupi beras atau gandum).

2.      Serat larut dalam air (soluble fiber)
Serat ini banyak terdapat pada buah-buahan (apel, strawberry, jeruk), gandum, polong-polongan, padi, biji-bijian, rumput laut, barley (sejenis biji-bijian) dan sekam psylium (banyak digunakan sebagai suplemen).

Pakar kesehatan, menganjurkan kita untuk mengkonsumsi serat sebanyak 25 – 30 gr perhari. Mengkonsumsi serat juga tidak boleh berlebihan karena jumlah serat yang banyak dalam tubuh akan menimbulkan masalah
Serat yang menumpuk pada kolon menyebabkan fermentasi yang dapat menimbulkan gas sehingga perut akan terasa kembung bahkan akan dapat menimbulkan diare.
Konsumsi serat yang berlebihan juga dapat mengganggu penyerapan mineral dan vitamin yang dibutuhkan tubuh seperti : zat besi, seng, kalsium, asam lemak (omega 3), vitamin A, D, E, K dan B12 karena dapat ikut terbuang.

Serat bukan hanya baik untuk kesehatan tetapi sangat berguna untuk membantu proses diet dengan mengkonsumsinya secara tepat tentunya. Ini disebabkan karena serat mempunyai keistimewaan sebagai berikut :

  • Makanan yang kaya serat terbukti memiliki lebih sedikit lemak dan kalori. Serat juga tidak dapat dicerna dan diserap tubuh tidak seperti lemak, serat akan langsung menuju kepencernaan sehingga tidak menimbulkan timbunan lemak di dalam tubuh kita.
  • Mengkonsumsi makanan yang berserat juga dapat mencegah meningkatnya kebutuhan insulin walau dalam jumlah besar sehingga keinginan untuk mengemil bias dicegah. Selain itu serat juga membantu untuk menjaga kadar gula dalam darah sehingga mengurangi resiko diabetes.
  • Serat dapat masuk ke dalam system pencernaan dan mampu menyerap air yang kemudian dialirkan keseluruh tubuh sehingga membuat pencernaan lancar dan bebas dari sembelit.
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 21 Mei 2011 in Health

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: