RSS

Cara Meringankan PMS

21 Mei

Sangat tidak nyaman memang kalau perut terasa sakit, kadang mual, pegal-pegal, migran, nyeri pada payudara, emosi juga kadang tidak karuan. Itulah tanda menjelang kedatangan tamu bulanan atau PMS yang sering dialami oleh para wanita, tetapi setiap wanita berbeda-beda tingkat keluhannya ada yang ringan, ada juga yang sampai tidak dapat beraktivitas sama sekali.

PMS singkatan dari Pre-Menstrual Syndrome bukan Penyakit Menular Seksual loh adalah kumpulan gejala fisik, psikologis dan emosi yang terkait dengan siklus menstruasi. Gejala ini biasa diperkirakan terjadi setiap dua minggu sebelum menstruasi dan akan hilang setelah beberapa hari selesai menstruasi.

Berikut beberapa kemungkinan yang dapat meningkatkan terjadinya PMS, yaitu :

  1. Faktor usia. Bertambahnya usia justru membuat PMS akan semakin sering terjadi terutama pada usia 30 – 45 tahun.
  2. Stres
  3. Kurangnya asupan vitamin B (terutama B6) ,E ,C , Magnesium, zat besi, seng, mangan, asam lemak linoleat.
  4. Jarang berolahraga.
  5. Wanita yang sudah menikah.
  6. Wanita yang pernah melahirkan.
  7. Kelebihan berat badan.

Memang PMS ini tidak dapat dihindari dan para wanita pasti mengalami hal ini apalagi yang sudah mendapatkan siklus menstruasi. Jadi ngga perlu cemas kalau tamu bulanan mau datang, karena para wanita bisa meringankan PMS tersebut dengan cara sebagai berikut :

  1. Luangkan waktu sekitar 30 menit sehari untuk melakukan olahraga. Latihan yoga yang menenangkan dapat juga mengatasi PMS.
  2. Banyak-banyak mengkonsumsi buah pisang, karena pisang mengandung vitamin B6 yang cukup banyak.
  3. Melakukan aktivitas yang menyenangkan. Hal ini dapat mengurangi dan mengatasi stress yang mungkin terjadi.
  4. Kurangi konsumsi makanan tinggi gula, tinggi garam, kopi, teh.
  5. Hindari merokok.
  6. Perhatikan berat badan jangan sampai berlebihan.
  7. Konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B (terutama B6) ,E ,C , Magnesium, zat besi, seng, mangan, asam lemak linoleat.

Apabila mengalami kondisi PMS yang dirasa sudah sangat berlebihan, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter untuk dicarikan solusi mengatasinya.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 21 Mei 2011 in Tips

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: