RSS

Coklat untuk Kesehatan

21 Mei

Cokelat adalah peganan yang disukai oleh semua kalangan baik tua maupun muda. Cokelat dapat dinikmati sebagai makanan maupun minuman dan dapat juga dijadikan kue, permen, campuran munuman susu dan lain-lain. Adapun beberapa jenis coklat yaitu

  1. Coklat Hitam. Mengandung biji kakao sebanyak 70 % . Cokelat hitam ini dibuat tanpa gula dan tanpa lemak jenuh.
  2. Cokelat Putih. Cokelat ini terbuat dari mentega kakao sehingga warnanya pucat dan cokelat putih ini sangat manis sehingga kurang baik untuk kesehatan.
  3. Cokelat Susu. Cokelat ini paling banyak dikonsumsi dan digemari karena rasanya yang enak dan lembut. Cokelat susu ini mengandung biji kakao sebanyak 50 % ditambah susu, gula dan vanilla.

Pada zaman dahulu, cokelat hanya dapat dinilmati oleh orang-orang kaya dan kaum bangsawan karena harganya yang sangat mahal. Bahkan biji kakao pernah digunakan sebagai uang atau alat pembayaran oleh suku bangsa Aztec.

Cokelat terbuat dari biji kakao dari buah pohon kakao. Pohon kakao ini hanya tumbuh disekitar garis khatulistiwa, kira-kira dua puluh derajat ke arah utara dan selatan. Karena Indonesia dilalui garis khatulistiwa maka Indonesia adalah negara produsen biji kakao terbesar ketiga di dunia setelah pantai gading dan Ghana.

Menurut berbagai penelitian, cokelat ini sangat baik untuk kesehatan, diantaranya adalah:

  1. Cokelat mengandung antioksidan yang tinggi sehingga dapat mencegah penuaan dini akibat radikal bebas.
  2. Fenol pada cokelat mampu mengurangi kolesterol pada darah sehingga dapat mengurangi resiko serangan jantung. Fenol juga berguna untuk mencegah kanker, stroke, darah tinggi.
  3. Kandungan lemak pada cokelat yang berkualitas tinggi terbukti tidak menyebabkan kolesterol dan tidak menyumbat darah.
  4. Cokelat dapat membantu untuk merasa nyaman, rileks dan gembira.
  5. Cokelat juga dapat untuk meredakan batuk karena kandungan bahan alami didalam cokelat tersebut.

Namun, menurut Francis Mestre seorang ahli cokelat, tidak semua cokelat berdampak positif, hanya cokelat asli yang baik untuk kesehatan. Kandungan lemak nabati dan pengawet yang membuat cokelat palsu tidak baik untuk kesehatan.

Cokelat yang apabila dimakan menempel di gigi atau pada langit-langit mulut, berwarna kusam dan apabila dipatahkan terbentuk patahan yang tidak rapi serta mengeluarkan serbuk adalah cirri-ciri cokelat yang tidak asli.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 21 Mei 2011 in Others

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: