RSS

Nyamuk Penyebab Penyakit

24 Mar

Di musin penghujan, nyamuk-nyamuk dapt leluasa berkembang biak karena musim hujan banyak menyebabkan genangan air dimana-mana. Dan biasanya di musim hujan ini banyak orang yang terserang penyakit karena nyamuk contohnya demam berdarah. Terkadang rumah sakit sampai penuh karena kedatangan pasein yang terkena demam berdarah ini.

1.      Demam Berdarah Dengue

Aedes Aegypti

Aedes Aegypti

Dalam ilmu kedokteran demam berdarah dengue ini dinamakan dengan Dengue Hemorragic Fever. Dengue adalah sebutan untuk virus nya, Hemorragic artinya terdapat darah yang keluar dari pembuluh darah sedangkan fever adalah demam. Demam berdarah dengue ini disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti dan awalnya nyamuk ini hanya dikenal di Mesir selain nyamuk Aedes Aegypti, ada nyamuk lain yang dapat menyebabkan demam berdarah yaitu Aedes Albopictus, Aedes Polynesiensis, Culek Fatigons dan Anopheles Gambiae.

Pada abad ke-18 adalah awal munculnya penyakit ini tetapi penyakit ini belum menjadi penyakit yang berbahaya. Baru pada tahun 1954 penyakit ini menjadi penyakit yang berbahaya yang dikarenakan terjadinya mutasi pada penyakit tersebut.

Demam berdarah disebabkan oleh virus dengue dan virus ini mempunyai 4 macam tipe yaitu den-1, den-2, den-3 dan den-4. Sifat virus ini adalah self limiting yaitu virus ini akan mati sendiri setelah tujuh hari. Apabila seorang manusia pernah mengalami demam berdarah oleh salah satu tipe virus, maka dia hanya akan kebal pada tipe virus tersebut saja tidak dengan tipe virus lainnya.

Demam berdarah banyak menjangkiti warga di kota-kota besar daripada di perdesaan karena di kota banyak ditemukan genangan air bersihpada wadah yang terbuka. Nyamuk ini tidak suka air kotor dan langsung menyentuh tanah. Mereka juga suka pada tempat-tempat yang teduh, seperti pada tanaman jias yang terlalu rimbun. Nyamuk ini menghisap korbannya pada siang hari.

Ciri-ciri penyakit demam berdarah adalah demam yang mendadak dan tinggi serta muncul bercak-bercak merah pada kulit yang apabila direnggangkan tidak akan hilang. Apabila demam berdarah ini sudah parah maka korban akan muntah darah, keluar darah pada celah-celah keluaran seperti hidung, kuping, mata serta penurunan jumlah trombosit (zat pembeku darah) secara draktis. Bila keadaannya sudah seperti ini maka korban jarang yang selamat.

Oleh karena itu sangat penting untuk mencegah supaya kita terkena oleh gigitan nyamuk yang satu ini yaitu dengan cara pakai lotion anti nyamuk pada siang hari, kubur wadah-wadah terbuka yang tidak terpakai, tutup wadah-wadah yang sekiranya berisi air bersih dan gunakan abate untuk mencegah terjadinya jrntik-jrntik nyamuk demam berdarah.

2.      Malaria

Anopheles

Nyamuk Malaria

Dr. Ronald Ross menemukan adanya parasit didalam perut nyamuk sebagai penyebab malaria pada tahun 1894. Ia pu rela dirinya di gigit oleh nyamuk ini untuk membuktikan temuannya.

Malaria berasal dari bhasa Italia yang berarti udara buruk atau udara dari rawa-rawa, karena malaria ini ditularkan oleh nyamuk yang hidup di rawa-rawa.

Malaria disebabkan oleh parasit yang diberi nama Plasmodium. Dan plasmodium ini mempunyai 4 jenis yaitu falciparum, malariae, oval dan vivak yang setiap jenisnya dapat menyebabkan tingkat keganasan penyakit yang berbeda-beda. Nyamuk pembawa penyakit malaria ini bernama nyamuk Anopheles dan apabila nyamuk ini menggigit posisi tubuhnya akan menungging.

Nyamuk malaria ini banyak terdapat di daerah yang berawa dan di Indonesia ini sendiri terdapat daerah yang endemis malaria atau daerah yang sering dijumpai penderita penyakit ini yaitu diantaranya kota mungkid di Magelang, Kalimantan dan Papua.

Ciri-ciri penyakit malaria ini adalah demam, menggigil dan berkeringat. Gejala ini dapat berulang tergantung perkembangan parasit pada tubuh penderita. Penyakit malaria yang serius adalah yang disebabkan oleh parasit plasmodium falciparum sedangkan yang ringan disebabkan oleh plasmodium ovale, biasanya penyakit ini akan sembuh dengan spontan.

Penyakit malaria ini dapat sembuh dengan pil kina atau dapat juga dengan daun papaya.

3.      Chikungunya

Chikungunya berasal dari bahasa shawali daerah di Afrika Timur tempat pertama kalinya di temukan penyakit ini. Chikungunya mempunyai arti bongkok, dinamakan seperti itu karena orang yang terserang penyakit ini akan mengalami ngilu pada sendi-sendi mereka sehingga mereka tidak dapat berjalan secara tegak alias bongkok.

Chikungunya disebabkan oleh virus dari keluarga Toga Viridae Genus Alphavirus. Dan chikungunya ini dapat ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti atau Aedes Albopictus. Nyamuk yang sama dengan nyamuk demam berdarah, begitu pula dengan tempat berkembangbiaknya.

Ciri-ciri dari penyakit ini adalah demam yang datang secara tiba-tiba dan disertai nyeri pada persendian sehingga penderita sulit untuk menggerakkannya. Rasa ngilu yang dirasakan penderita masih akan dirasakannya hingga beberapa minggu kemudian. Penyakit ini tidak menyebabkan kematian dan tidak menyebabkan kelumpuhan.

Penyakit chikungunya sampai sekarang belum ada obat khusus untuk menyembuhkannya.

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 24 Maret 2011 in Health

 

One response to “Nyamuk Penyebab Penyakit

  1. ridwan

    30 Oktober 2011 at 17:31

    ingin berbagi sedikit info barangkali membutuhkan..
    Pertama dan satu-satunya di indonesia

    “lampu kristalin”
    – dapat melumpuhkan virus dan bakteri di udara
    – mengusir nyamuk
    – mengurangi intensitas debu dan bau di udara
    – menetralkan racun dan radiasi dari alat-alat elektronik
    – meningkatkan kualitas relaksasi dan tidur
    – mengobati sesak nafas ( Rata – Rata 2-3 minggu sembuh )
    – mengobati insomnia
    – memperindah ruangan dengan warna dan cahaya yang memukau..
    info lebih lanjut silahkan kunjungi website kami http://pureline.blogspot.com/
    atau hubungi 0857 203 706 13

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: