RSS

Cara Memilih AC yang Tepat

24 Mar

Malas rasanya pergi keluar rumah apalagi kalau cuaca diluar sangat panas, maunya di rumah dengan AC yang dapat memanjakan dan menyejukkan kita dari teriknya matahari si siang hari. Tetapi terkadang AC tidak dapat mendinginkan ruangan sebagaimana fungsinya. Nah … kondisi seperti ini yang sering membuat orang di dalam ruangan tersebut merasa tidak nyaman.

Penyebabnya bisa saja karena ruangan tersebut banyak masuk sinar matahari sehingga ruangan menjadi panasterdapat celah besar yang dapat menyebabkan udara panas di luar masuk ke dalam ruangan ber AC atau bisa juga karena salah dalam memilih AC.

Kesalahan dalam memilih AC bisa saja terjadi dan sangat berpengaruh pada dingin atau tidaknya ruangan yang dipasangi AC ini, contohnya salah memilih kapasitas AC dengan ukuran ruangan yang ingin dipasangi. Kalau sudah begini bukan kesejukan yang di dapat tetapi tagihan listrik yang melonjak naik.

Untuk menghindari salah memilih AC ada baiknya terlebih dahulu kita ukur luas ruangan tempat di mana AC akan di tempatkan, ini bermanfaat untuk mengetahui kapasitas AC yang akan dipasang. Gunakan rumus perhitungan berikut = P x L x (T/3) x  0.07 dimana P adalah panjang ruangan, L adalah lebar ruangan dan T adalah tinggi ruangan.

Cara menghitungnya adalah :

Jika panjang ruangan (P) = 10 meter

lebar ruangan (L) = 5 meter

tinggi ruangan (T) = 2 meter

maka kapasitas AC yang dibutuhkan ruangan ini adalah 10 x 5 x (2/3) x 0.07 = 2.3 PK

Nah … setalah selesai menghitung kapasitas AC yang sesuai, ada baiknya perhatikan kemampuan kipasnya. Semakin lebar kipas, maka angin yang di hasilkan akan semakin kencang dan umumnya AC yang mempunyai kipas lebar tidak akan menimbulkan suara yang berisik.

Amati juga evaporator pada AC. Jika evaporator AC lebar, menandakan kipas pada blower eksternal lebih besar, ini diperlukan untuk keseimbangan kinerja mesin. Akan lebih baik lagi, jika kipas memiliki gerigi karena dapat membuat turbulansi tidak berisik.

Satu lagi, pilihlah AC yang memiliki fitur kesehatan seperti membasmi kuman, dan sesuaikan juga dengan interior rumah.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 24 Maret 2011 inci Tips

 

Tinggalkan komentar