RSS

Mengenal Lebih Jauh Hewan Peliharaan

21 Mar

Senangnya jika punya hewan peliharaan karena mereka dapat menjadi teman main dan juga dapat dijadikan hewan penjaga rumah contohnya anjing. Selain itu hewan peliharaan juga dapat melatih anak kecil untuk lebih peduli dengan lingkungan dan belajar untuk tanggung jawab terhadap hewan peliharaannya. Tapi apakah kamu tahu kisah di balik kelucuan hewan hewan ini, berikut ini kisah mereka.

Anjing

1.      Anjing

Anjing adalah hewan peliharaan yang sangat digemari oleh manusia, tingkah lakunya yang sangat bersahabat menjadi alasan utamanya. Anjing mempunyai banyak jenis kira-kira terdapat lebih dari 300 jenis dengan bentuk, ukuran dan warna yang berbeda-beda. Nenek moyang anjing adalah serigala. Dahulu beberapa serigala sering mengendap-endap ke pemukiman manusia untuk mengais makanan dalam sampah, perilaku seperti ini yang membuat mereka tinggal lebih dekat dengan manusia. Dan setelah ribuan tahun, muncul serigala baru yang disebut anjing kuno. Anjing ini sangat berani bergaul dengan manusia, inilah awal dari persahabatan antara manusia dan anjing. Beberapa ilmuwan mengatakan anjing sudah menjadi teman manusia sejak 135000 tahun lalu dan sekita 12000 tahun yang lalu para arkeolog menemukan jasad anjing di dalam lokasi perkuburan.

Burung

Kakatua

2.      Burung

Burung adalah binatang bersayap, berkaki dua, berdarah panas, bertelur dan hewan vertebrata. Burung pertama di dunia adalah Archaeopteryc terdapat pada periode akhir era jurasic sekitar 150 – 145 juta tahun lalu. Burung mempunyai 10.000 species yang hidup diseluruh dunia. Burung dipelihara karena suaranya yang merdu, dijadikan bahan makanan contohnya belibis serta ada yang memelihara karena warnanya yang bagus dan kepintaran burung tersebut dalam menirukan suara manusia contohnya burung sejenis parrot.

Hewan Pengerat

Hamster

3.      Hamster

Kata hamster berasal dari bahasa jerman yaitu hamstern yang artinya menimbun. Ini karena hamster mempunyai kemampuan unik untuk menimbun makanannya di dalam pipi dan hamster dapat menimbun makanannya lebih dari berat badannya sendiri. Hamster sendiri ditemukan sekitar 300 tahun lalu oleh seorang penulis bernama Alexander Russel, ketika di suriah. Hamster baru diteliti lebih lanjut pada tahun 1930 dan dijadikan hewan peliharaan pada tahun 1945. Hamster emas adalah keturunan dari hamster yang ditemukan Alexander di Suriah.

Ikan mas koki

Ikan Mas Koki

4.      Ikan

Ikan, hewan yang sangat menarik untuk dilihat dari segi warna ataupun dari gerakannya disaat ia berenang. Melihat ikan membuat kita merasa tenang dan rileks. Saat ini banyak orang yang memeliharanya baik di kolam maupun di akuarium sebagai hobi ataupun sebagai pemanis rumah. Hobi memelihara ikan sudah ada sejak 2500 SM bukan sebagai penghias tetapi sebagai bahan untuk makanan mereka. Baru sekitar 1000 thun lalu China memelihar ikan utnutk hiasan. Ikan yang mereka pelihara adalah ikan Crucian (karper). Ikan inilah yang merupakan cikal bakal dari ikan mas, dikarenakan mutasi dari si ikan sendiri yang setelah bertahun-tahun warnanya ada yang keemasan. Bangsa jepang sangat tertarik dengan ikan ini dan membawanya ke jepang untuk di kembangbiakan dan dikawin silang. Dari kawin silang ini, menghasilkan ikan yang mempunyai variasi warna dan bentuk yang banyak, ikan ini mereka beri nama ikan mas koi.

Hewan Pengerat

Marmut

5.      Marmut

Marmut, hewan pengerat lainnya yang mirip dengan tikus tetapi badannya lebih besar dibandingkan dengan tikus. Marmut dikenal manusia sejak tahun 4000 SM dan marmot ini dijadikan bahan makanan oleh bangsa Inca di Amerika Serikat. Marmut dijadikan hewan peliharaan setelah dibawa ke eropa oleh pedagang Belanda dan Inggris, Di Eropa, marmot dikenal dengan nama guinea pig karena marmot ini dibawa ke eropa dengan melaluo guinea tetapi ada yang meyakini kalau nama ini di ambil dari nama daerah di Amarika Serikat yaitu Guiana. Sedangkan pig dia ambil karena suara dan tubuhnya mirip babi kecil.

Kelinci Lop

Kelinci Lop

6.      Kelinci

Kelinci dipelihara sekitar 3000 tahun yang lalu di Spanyol kemudian kelinci ini di bawa ke Eropa dan dijinakkan oleh pendeta katolik perancis. Kelinci dipelihara karena perilaku mereka yang trnang, tidak agresif dan lucu. Mereka pun mudah untuk dipelihara. Kelinci ini sangat banyak manfaatnya  diantaranya untuk bahan makanan, bulu dan kotorannya juga dapat digunakan. Kelinci mempunyai banyak jenis diantaranya kelinci lop, kelinci rex, kelinci angora, dan lain-lain. Kelinci dapat hidup sampai mencapai 10 tahun.

Kucing

7.      Kucing

Kucing, hewan peliharaan yang lucu, kadang pemalu dan hewan yang sangat suka tidur. Kucing adalah hewan carnivore tapi tak jarang kita suka melihat kucing memakan rumpu-rumputan, ini sangat penting buat pencernaan kucing untuk mengeluarkan bulu-bulunya yang tertelan pada saat kucing menjilati bulunya. Kucing memiliki banyak jenis diantanya kucing Persia, angora, siam dan lain-lain. Menurut sejarahnya kucing sudah menjadi bagian hidup manusia sejak 7000 – 8000 tahun lalu, meraka dijadikan pembasmi tikus di Afrika. Sekitar 4000 tahun lalu , hubungan kucing dan manusia dimulai di Mesir, Kucing dipercaya sebagai titisan dewi di zaman itu oleh masyarakat Mesir bahkan bila kucing peliharaan mereka mati, seluruh anggota keluarga akan berduka. Banyak kucing yang mati kemudian di awet kan menjadi mumi dan di beberapa nisannya tertulis miu yaitu ia yang mengeong. Nadjem adalah nama kucing pertama yang ditemukan tertulis pada nisan manusia yang artinya makhluk yang menyenangkan.

Menarik mengetahui lebih jauh tentang mereka. Dan perlu diingat jagalah selalu kebersihan hewan-hewan ini; beri makan yang sesuai dengan hewan peliharaan, jangan beri mereka makanan seperti cokelat, anggur, avokad, garam dan obat-obatan manusia karena bisa menyebabkan mereka keracunan dan mati. Satu lagi jangan pernah lupa untuk mem vaksin hewan peliharaan agar terbebas dari penyakit yang tidak diinginkan.

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 21 Maret 2011 in Others

 

One response to “Mengenal Lebih Jauh Hewan Peliharaan

  1. Downno

    19 Maret 2012 at 12:49

    keren nih fotonya.,. mantabs.,., jangan lupa mampir kesini juga ya : http://fotografi.unsri.ac.id/photogallery.php

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: