RSS

Pengobatan Batu Ginjal secara Tradisional

22 Feb

Sekitar 3 tahun yang lalu hubby mengeluh pinggang dan perut bagian bawahnya sakit, apabila kambuh seperti sakitnya itu benar-benar sangat sakit dan tidak tertahankan. Akhirnya aku suruh dia ke dokter ternyata dia terkena batu ginjal. Dia cerita kepadaku kalau 8 tahun yang lalu, dia juga pernah mengalami sakit batu ginjal bahkan sampai keluar darah saat buang air kecil dan setelah dia ke dokter, dokter menyarankan untuk di operasi namun hubby tidak mau, dia memilih untuk menggunakan cara tradisional yaitu dengan menggunakan daun pecah beling. Cukup mudah untuk penggunaannya yaitu dengan cara : ambil 10 lembar daun pecah beling dengan 2 gelas air, rebus hingga menyisakan 1 gelas air saja. Minum air rebusan ini 3 kali sehari dan perbanyak minum air putih. Kalau hubby yang aku lihat, minum air rebusan daun pecah beling lebih dari 3 kali sehari dan terus minum air putih yang mengharuskan dia terus mondar mandir ke toilet. Hasilnya batu ginjal itupun keluar bersama dengan air seni.

Batu ginjal yang dalam istilah kedokteran disebut nephrolithiasis atau renal calculi terjadi karena adanya endapan yang tidak dapat dikeluarkan bersama dengan urine yang akhirnya mengeras dan membentuk kristal sehingga menimbulkan penyumbatan dan infeksi.

Penyebab pasti batu ginjal ini masih dalam penelitian tetapi terlalu banyak mengkonsumsi kalsium, vitamin D, infeksi, adanya obstruksi, kelebihan sekresi hormone paratoid, asidosis pada tubulus ginjal, peningkatan kadar asam urat (biasanya bersamaan dengan radang persendian), kerusakan metabolisme di dalam tubuh bisa jadi indikasi terjadinya batu ginjal.

Gejala dari batu ginjal ini adalah nyeri pada bagian bawah perut, nyeri punggung, mual, muntah, perut kembung, demam, menggigil dan tak jarangterdapat darah hingga nanah pada urine.

Batu ginjal ini merupakan penyakit kambuhan, karena itu penting untuk menjaga dengan banyak minum air putih dan pengaturan pola makan. Informasi yang aku baca, batu ginjal yang sudah dikeluarkan bisa diteliti lebih lanjut untuk mengatur pola makan kita selanjutnya.

Karena sifatnya kambuhan, sampai sekarang hubby masih minum air rebusan daun pecah beling sesekali untuk mengurangi resiko kambuh lagi.

Satu lagi informasi yang aku baca apabila batu ginjal ini tidak segera ditangani bisa menimbulkan kerusakan pada ginjal bahkan sampai terkena gagal ginjal.

sumber : http://ira-iyai.blogspot.com

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 22 Februari 2011 in Health

 

One response to “Pengobatan Batu Ginjal secara Tradisional

  1. Ming

    5 April 2011 at 18:07

    Kalau ginjalnya tak ada batu tapi lemah karena sdh berumur, apakah juga boleh minum air rebusan pecah beling ini?

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: