RSS

Daun Pecah Beling

22 Feb

Tanaman pecah beling (Saricocalix Crispus) atau orang jawa banyak mengenalnya dengan sebutan tanaman keji beling adalah tanaman semak yang tingginya 1-2 meter mempunyai batang beruas, daunnya berbulu kasar dan berwarna hijau.

Tanaman pecah beling banyak tumbuh diperdesaan, tak jarang tanaman ini dijadikan sebagai tanaman pagar. Tanaman ini sangat mudah berkembang biak ditanah yang subur, agak terlindungi dan ditempat terbuka. Sedangkan daun pecah beling mempunyai ciri-ciri sebagai berikut : daun yang beruas-ruas dan berbulu kasar, karena itu apabila kita pegang daunnya maka akan terasa kasar. Panjang helai daun pecah beling ± 5-8 cm dan lebar ± 2-5 cm.

Tanaman ini mempunyai banyak kandungan mineral seperti kalium, kalsium, natrium, ferum, fosforus, asam silikat, tannin, glikosida dan terdapat juga vitamin C, B1 dan B2.

Kegunaan dari daun pecah beling sangat banyak seperti obat untuk kencing tidak lancar, batu kandung empedu, batu ginjal, sembelit, wasir, kencing manis dan dapat juga digunakan sebagai obat penurun kolesterol. Caranya rebus daun pecah beling dan minum airnya. Daun ini dapat juga digunakan sebagai lalapan.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 22 Februari 2011 in Others

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: